Cara Kirim XLM Dari Indodax ke Akun Wallet Stellar yang Belum Aktif

Untuk mengaktifkan wallet stellar baru, Kamu harus memiliki setidaknya 1XLM di wallet. Aturan ini ditentukan oleh jaringan Stellar (Stellar Network). Lalu, mengapa harus ada aturan saldo minimum?

Saldo minimum membantu melindungi jaringan dari pembuatan akun spam. Kamu dapat mendanai akun dengan mengirimkan 1 lumen ke wallet tersebut. Akun yang tidak didanai / balance nya 0, tidak dapat menambah trust line (add trust).

Setiap penambahan trust line membutuhkan cadangan 0,5 lumen di samping saldo minimum 1 lumen. Untuk membangun trust line dengan tiga anchors, pengguna harus mempunyai saldo 2,5 lumen dalam akunnya,

misalnya: saldo minimal 1 lumens + (0,5 lumens * 3 anchors)=2,5 cadangan lumen.

Bagi pengguna baru mungkin akan sedikit kebingungan, karena berusaha mengirim XLM dari Exchange (misal Indodax) untuk mengaktifkan wallet baru, dan ternyata tidak bisa karena alamat wallet baru tersebut belum terdaftar di Stellar Network. Godosome menemukan solusi untuk permasalahan tersebut dan di share pada post artikel kali ini.



Cara Mengirim XLM dari Indodax atau Exchange Lainnya ke Akun Wallet Stellar Baru yang Belum Aktif

Untuk deposit / mengirim XLM dari Indodax atau Exchange lainya ke wallet stellar baru yang belum aktif, pengguna bisa memanfaatkan layanan Lobstr web wallet. Lobstr juga tersedia di playstore untuk android dan appstore untuk iOS.

Saat pertama membuat akun Lobstr, kamu akan diberikan kredit 1 XLM untuk mengaktifkan akun Stellar, sehingga wallet Lobstr langsung aktif saat pertama di buat. namun ada 2 hal yang harus diperhatikan, antara lain:
1. Kamu harus mengembalikan kredit 1 XLM setelah menyetorkan / deposit lebih banyak lumen ke akun mu tersebut.
2. Sebelum kredit 1 XLM dibayarkan (dikembalikan) ke Lobstr, akun akan memiliki batasan-batasan yaitu:
  • Kamu tidak akan bisa melihat kunci rahasia (secret key) wallet tersebut dan
  • Tidak dapat mengirim lumens kepada siapa pun (hanya menerima)
3. Jika akun yang kamu buat tidak aktif selama lebih dari 30 hari, akun tersebut akan di hapus oleh sistem Lobstr untuk mengembalikan kredit 1 XLM sebelumnya. Tapi sebelum dihapus kamu akan menerima peringatan melalui email.

Percobaan Mengirim XLM dari Indodax, Deposit ke akun Wallet Lobstr

1. Untuk Contoh pada artikel ini menggunakan web wallet. Untuk mendaftar silahkan buka Lobstr Web Wallet

isi pasword dengan kombinasi huruf besar - kecil dan angka,
Tampilan page pendaftaran Lobstr Web Wallet


2. Setelah konfirmasi email login dan masuk ke halaman create account, isi data di form, tulis user name, kemudian "Create Account"
halaman form lobstr create account


3. Kamu akan mendapat email berisi recovery code, simpan.

4. Sangat mudah, hanya butuh kurang lebih 5 menit dan akun Lobstr sudah bisa di gunakan untuk deposit XLM dari Indodax atau Exchange lainnya
akun Lobstr sudah bisa di gunakan untuk deposit XLM


5. Saya mencoba untuk mengirim 0,01 XLM ke akun wallet Lobstr yang baru saja saya buat, dan berhasil, deposit di terima kurang dari 10 menit.
 mengirim 0,01 XLM ke akun wallet Lobstr

6. Lobstr ini bisa kita manfaatkan untuk mengaktifkan atau mengirim XLM ke wallet lainya yang belum aktif karena terkendala tidak bisa mengirim langsung dari exchange.