Cara Add Trustline Aset Token di Wallet Stellar serta Instalasi Foxlet di PC

Add Trust atau menambahkan trustline untuk aset di dompet Stellar sangatlah mudah, sedikit pengenalan: Stellar adalah protokol open-source untuk pertukaran aset digital yang didirikan pada awal 2014 oleh Jed McCaleb dan Joyce Kim. Anggota dewan dan anggota dewan penasehat termasuk Keith Rabois, Patrick Collison, Matt Mullenweg, Greg Stein, Joi Ito, Sam Altman, Naval Ravikant dan lain-lain tetapi tidak termasuk Mama Dedeh.

Jika kamu ingin lebih mengetahui lebih jauh tentang Stellar kamu bisa baca artikel Tentang Stellar.

Baca juga: Cara Add Trustline di Wallet Stellar via Android


Wallet Stellar untuk PC dan Cara Instalasi-nya

Download Wallet Stellar PC di Stellar.org dan pilih Desktop Wallet yang sesuai operating system PC kamu, ada banyak pilihan wallet yang bisa kamu gunakan tentu masing-masing wallet memiliki kelebihan dan kekurangan, pada artikel ini saya menggunakan wallet Foxlet silahkan klik download foxlet.
Download Foxlet

1. Install Foxlet Wallet (Stellar desktop client) di lokasi yang kamu inginkan. setelah selesai jalankan aplikasi Stellar Wallet tersebut. Untuk membuat akun baru click Create New Account
Install Foxlet
(gambar.1)


2. Create an Empty Account.
Create an Empty Account
(gambar.2)


3. Buat Password yang kamu inginkan, lalu click Create Account
Buat Password yang kamu inginkan
(gambar.3)


4. Muncul jendela baru, beri nama file wallet kamu kemudian simpan /save.
beri nama file wallet kamu kemudian simpan
(gambar.4)


5. Klik show password dan show secret key, copy Public Key dan Secret Key yang ada pada tampilan ke notepad, "save" lalu click "Yes I Saved My Secret Key". Yang saya kotakin hijo dibawah menunjukan alamat Wallet Stellar / Public key yang di gunakan untuk menerima aset. Penting: Simpan secara rahasia password dan semua file tersebut, kecuali public key
menunjukan alamat Wallet Stellar
(gambar.5)


6. Sampai disini Wallet Stellar telah berhasil di buat, namun belum aktif. Dompet kamu harus aktif untuk menambahkan trustline, kamu bisa mendepositokan setidaknya 2 XLM, ini wajib hukumnya - tapi tidak berdosa jika kamu tidak mampu. Jika kamu tidak memiliki XLM di dompet kamu, kamu tidak akan dapat melakukan Add Trust.
Dompet harus aktif untuk menambahkan trustline
(gambar.6)


7. Wallet yang belum aktif tersebut hanya bisa menerima XLM dari wallet yang telah aktif sebelumnya, kamu tidak akan bisa mengirim XLM dari Indodax langsung ke wallet XLM (Foxlet) mu yang belum aktif, kamu gak akan kuat.

8. Terus gimana kalo ga punya wallet aktif untuk ngirim XLM ? salah satu solusinya ya minta ke teman mu atau beli XLM, kamu bisa beli XLM dari salah-satu admin godosome.net hubungi melalui telegram @rarawas melalui grup telegram kami di sini Ruang Rindu


Cara Menambahkan Trustline di Wallet Stellar Foxlet

Jaringan Stellar memungkinkan pembayaran yang dilakukan di setiap aset yang ada di jaringan Stellar. Jika kamu memiliki dompet Stellar, kamu dapat menerima pembayaran dalam XLM atau aset lainnya. Sebelum menerima pembayaran dalam aset apa pun (selain XLM), kamu harus mengaktifkan trust dalam dompet kamu untuk aset tersebut guna menerima pembayaran.

Begitu juga untuk hold / memegang saldo aset tertentu di Wallet Stellar, kamu harus terlebih dahulu menambahkan trustline untuk aset tersebut di dompet kamu. Menambahkan trustline sama dengan memberi tahu jaringan Stellar bahwa kamu mempercayai aset itu sehingga memungkinkan bagi dompet lain untuk mengirimkan aset itu kepada kamu. Caranya:

1. Pada pilihan menu paling atas Klik menu "Trust" (ga ada menu nasi padang) scroll ke bawah
pilihan menu paling atas Klik menu Trust
(gambar.1)


2. Ada dua cara yaitu Add Trust via federation (contoh: ripplefox.com) dan Manually Add Trust, pilih salah satu. Informasi alamat federasi atau adres dapat di temukan di pengembang / situs web penenerbit token tersebut.
Add Trust via federation dan Manually Add Trust
(gambar.2)


3. Untuk contoh praktek kali ini saya akan menambahkan trustline (Add Trust) Ripplefox dengan cara Add Trust via federation.
contoh praktek menambahkan trustline (Add Trust) Ripplefox
(gambar.3)


4. Jika sukses maka akan seperti gambar dibawah
Penampakan Add Trust yang sukses
(gambar.4)


5. Penampakan Add Trust yang gagal
Penampakan Add Trust yang gagal
(gambar.5)


6. Yang menyebabkan Add Trust gagal adalah kurangnya balance XLM di Wallet Stellar. Jika tidak terpenuhi saldo minimum, Add Trust akan gagal. kenapa?

Saldo minimum membantu melindungi jaringan dari pembuatan akun spam. kamu bisa mendanai akun dengan mengirimkan 1 lumen ke akun wallet mu. Akun yang tidak didanai tidak dapat membentuk jalur kepercayaan (trust line), setiap trust line membutuhkan cadangan 0,5 lumen di samping saldo minimum 1 lumen.

Untuk membangun jalur kepercayaan dengan tiga anchors, pengguna harus mempertahankan saldo 2,5 lumen dalam cadangan.

misalnya: saldo minimal 1 lumens + (0,5 lumens * 3 anchors)=2,5 cadangan lumen.

Jika seluruh tahap cara Add Trustline aset token di Wallet Stellar serta instalasi di PC sudah dilakukan dengan benar maka kini kamu sudah dapat mengirim atau menerima token di Stellar blockchain.

Jika ada hal yang kurang jelas, bisa kamu tanyakan di kolom komentar dibawah. bagikan artikel ini kepada teman-teman mu agar semua tahu