Mengenal FUD dan Cara Mengantisipasi Dampak Buruknya

Mengenal FUD dan Cara Mengantisipasi Dampak Buruknya

Sebagian investor Bitcoin pasti sangat benci jika mendengar FUD, namun sebagian yang lain akan menikmatinya, setiap muncul FUD biasanya diikuti dengan anjloknya harga Bitcoin. Namun sebenarnya apa itu FUD dan bagaimana cara mengatasi FUD agar tidak menghancurkan portofolio cryptocurency Anda.


Pengertian FUD

FUD adalah singkatan bahasa inggris dari Fear, Uncertainty, and Doubt , Jika diartikan dalam bahasa Indonesia adalah Ketakutan, Ketidakpastian, dan Keraguan  dan saya sebagai admin godosome.net dengan ini menyatakan bahwa mereka orang orang yang hobinya menyebarkan FUD adalah orang-orang P3K (P - tiga K),  yaitu Penyebar Ketakutan, Ketidakpastian, dan Keraguan, atau lebih dikenal dengan PK Bitcoin. (Canda dikit gan biar ga stres liat aset ancur)

FUD sebenarnya adalah strategi disinformasi yang digunakan dalam penjualan, pemasaran, hubungan masyarakat, pembicaraan di radio, politik, organisasi keagamaan, dan propaganda.

FUD adalah strategi untuk mempengaruhi persepsi dengan menyebarkan informasi negatif dan meragukan atau salah dan manifestasi dari daya tarik untuk takut.

FUD pertama kali digunakan dengan makna yang berhubungan dengan teknologi umum oleh Gene Amdahl pada tahun 1975 setelah ia meninggalkan IBM untuk mendirikan perusahaannya sendiri, Amdahl Corp .: "FUD adalah ketakutan, ketidakpastian, dan keraguan yang di sebarkan orang-orang penjualan di IBM dan menanamkan di benak pelanggan mereka yang mungkin mempertimbangkan untuk beralih ke produk Amdahl. ”

Jika Anda membenci FUD karena Anda kehilangan peluang yang dibawanya. Untuk berdagang / trading tanpa emosi, kita harus menerima bahwa FUD hanyalah peristiwa berulang yang secara teratur terjadi dalam siklus kehidupan cryptocurrency. Jika di ibaratkan musim FUD adalah musim paceklik dan saya tidak bermaksud untuk menakuti, tetapi musim paceklik selalu datang.

FUD adalah istilah yang sangat umum digunakan dalam komunitas cryptocurrency karena skeptisisme media yang berkembang terhadap pasar cryptocurrency.

Contoh FUD di media Internasional :

Express.co.uk — “Bitcoin crackdown: Cryptocurrencies hit as major banks ban customers from investing”

Bloomberg.com — “Bitcoin Ban Expands Across Credit Cards as Big U.S. Banks Recoil”

Accurate depiction of event — “Some lending institutions disallow purchases of cryptocurrencies using borrowed money”

Bagaimana dengan media di dalam negeri? apakah berita FUD juga menyebar di media Indonesia? Anda tahu sendiri lah...

Sebagai informasi, manipulasi melalui berita adalah pendekatan yang telah dieksploitasi sejak  zaman Romawi .


Sensationalist Journalism

" Sensasionalisme  adalah jenis pembiasan editorial di media massa di mana peristiwa dan topik dalam berita dipotong ditimpa untuk menyajikan tayangan yang bias pada sebuah peristiwa, yang dapat menyebabkan manipulasi terhadap kebenaran sebuah cerita." (Simon Kertonegoro via invormer)

Sensasionalisme memiliki tiga manfaat utama bagi para jurnalis.

Pertama , berita sensasional menimbulkan reaksi emosional yang kuat yang dapat memanipulasi orang untuk mengubah keyakinan mereka.

Kedua , berita sensasional dapat menarik perhatian orang untuk membaca.

Ketiga , berita sensasional menjadi bahan pembicaraan di media sosial karena alasan berikut;
  • Beberapa orang membagi artikel yang membuat takut, untuk memperingatkan orang lain tentang bahaya yang yang akan datang.
  • Orang lain membaginya dengan harapan bahwa seseorang akan memberi mereka pendapat yang berbeda dan membuat mereka merasa lebih baik.
  • begitulah sehingga pesan ketakutan dibagikan dan menyebar dari mulut ke mulut.

"Ketahui sensasionalisme ketika Anda melihatnya dan jangan biarkan hal itu membodohi Anda".


Berbagai jenis FUD

Ada 3 jenis FUD yang memiliki dampak terbesar pada pasar cryptocurrency.

  • Harga Turun:  Ironisnya, tidak ada yang menyebabkan investor cryptocurrency untuk menjual aset mereka lebih cepat daripada berita bahwa aset mereka baru-baru ini mengalami penurunan harga.
  • Agresi Kelembagaan:  Peraturan dan kebijakan pemerintah yang tidak menguntungkan yang diberlakukan oleh perusahaan berpengaruh biasanya merupakan penyebab utama dari penjualan. Hal ini memicu jatuhnya harga yang memicu penurunan harga lebih lanjut dan berkelanjutan saat media mengoceh berita buruk di seluruh gema ruang gema mereka.
  • Tokoh Terkemuka:  Tokoh terkemuka dibidang teknologi atau industri keuangan dapat memiliki dampak kecil pada sentimen pasar cryptocurrency. Ketika seseorang seperti Jamie Dimon mengklaim bahwa Bitcoin adalah "penipuan yang pada akhirnya akan meledak," beberapa orang akan mempercayainya dan memilih untuk menjual asetnya.


Cara Mengantisipasi Dampak buruk FUD


JANGAN Bagikan FUD

FUD mengandalkan individu emosional yang suka bergosip dan mengeluh sebagai media sosial sebagai media penyebaran utamanya.

Semakin banyak ketakutan diinduksi, semakin banyak berita yang dibagikan, dan semakin banyak rasa takut diinduksi. Ini lingkaran setan.

Kita tidak lagi hidup di dunia di mana informasi menjadi barang langka, di zaman now ini mudah untuk menciptakan perspektif  yang seimbang dengan mencari beberapa sisi lain dari sebuah cerita.

Merupakan sifat manusia untuk bereaksi berlebihan terhadap berita buruk, ingin menjangkau dan memperingatkan orang lain atau mencari sudut pandang yang menghibur melalui kelompok-kelompok sosial.


Menahan diri

Lawan dorongan untuk berbagi kemarahan dan ketakutan Anda. Hilangkan semua asumsi dan tanyakan pada diri Anda:

Siapa yang benar-benar mempengaruhi situasi ini?
Bagaimana itu akan mempengaruhi mereka?
Apakah mereka merupakan bagian integral dari infrastruktur cryptocurrency?
Apakah cryptocurrency akan tetap jalan meskipun ada berita seperti ini?
Cari di internet untuk respons yang terukur terhadap berita, yang menjelaskan situasi secara rasional tanpa melebih-lebihkan, spekulasi, dan misinformasi.

Atau bentuklah sendiri. dan bagikan informasi yang positif sebagai gantinya.


Mantapkan Strategi Trading

Semakin Anda melihat FUD sebagai proses alami, semakin banyak kekuatan positif yang anda miliki untuk mendapatkan keuntungan positif darinya

Banyak trader bergantung kepada FUD untuk meningkatkan aset mereka,

Sangat mungkin bagi para market maker untuk menjual koin mereka dengan harga tinggi. lalu menciptakan siklus FUD, dan membeli kembali empat kali lipat aset mereka dengan harga yang jauh lebih rendah.

Hal terburuk yang sering dilakukan trader yang tidak berpengalaman seperti saya (admin godosome.net) adalah menahan / hodl semua koin, alih-alih menunggu pasar untuk recovery, namun malah panic sell ditengah siklus FUD ketika market berada pada titik terendah. amzonk

Jika Anda juga melakukan hal diatas... Anda akan menemukan diri Anda sedang jual rugi aset Anda kepada trader yang lebih berpengalaman, kemudian trader berpengalaman akan hodl hingga nilainya naik kembali

Jika Anda akan panik menjual (panic sell), lakukan dengan cepat, tegas, sebelum siklus FUD semakin meningkat.

Jika Anda akan memegangnya (Hodl), lakukan dengan pasti melalui seluruh siklus FUD.

Hanya pada dua hal Anda layak untuk memutuskan menjual (sell), pertama adalah kesempatan untuk meningkatkan laba pada posisi Anda saat ini, yang kedua adalah kesempatan untuk menghasilkan keuntungan yang lebih besar pada posisi lain.

Semakin Anda memahami situasi pasar, semakin strategi Anda akan berkembang.
Disclaimer: Artikel asli ditulis oleh Simon Kertonegoro di Invormer.
Semoga beruntung