NiceHash Diretas, Bitcoin Senilai Rp1.000 Triliun Raib Dari Situs Mining Tersebut

NiceHash Diretas Oleh Hecker

NiceHash adalah situs yang menyediakan jasa penambangan bitcoin, Didirikan pada tahun 2014, NiceHash adalah pasar pertambangan kripto berbasis cloud yang menghubungkan orang-orang dari seluruh dunia untuk menambang koin dengan GPU dan komputer khusus milik mereka, sehingga Anda bisa melakukan aktivitas penambangan tanpa perlu memiliki mesin khusus yang harganya sangat mahal.

Kronologi Peretasan Situs NiceHash

Pada hari Rabu waktu setempat, beberapa pengguna NiceHash melaporkan bahwa Bitcoin di dompet akun NiceHash milik mereka telah kosong, Kemudian dikonfirmasi oleh NiceHash dan berbuntut layanan-nya offline dan dikatakan sedang menjalani maintenance.

Perusahaan tersebut tidak memberikan rincian lebih lanjut mengenai insiden peretasan situs mereka tersebut, namun perusahaan tersebut mengatakan bahwa NiceHash telah menghentikan operasinya selama 24 jam berikutnya, sementara belum ada informasi resmi yang menunjukkan berapa jumlah BTC yang dicuri dari situs webnya dan bagaimana hal itu bisa terjadi.

Pada saat tulisan ini dibuat, layanan NiceHash masih offline dengan sebuah posting di situsnya, yang mengkonfirmasikan bahwa "telah terjadi pelanggaran keamanan yang melibatkan situs web NiceHash," dan bahwa hacker mencuri isi dompet Bitcoin NiceHash.

Alamat bitcoin NiceHash Yang Diretas

Meskipun NiceHash belum mengkonfirmasi jumlah bitcoin yang dicuri dari dompet virtualnya, beberapa pelanggan-nya telah menyebarkan alamat dompet yang memperkirakan sekitar 4.736 BTC -Jumlah tersebut setara dengan Rp1.096 triliun, mengingat harga satu bitcoin saat ini mencapai Rp290 juta- seluruhnya terkuras dari dompet perusahaan.

NiceHash telah memulai penyelidikan atas masalah ini, dan telah melaporkan kejadian tersebut ke otoritas penegak hukum terkait. Perusahaan yang telah meyakinkan kepada para pelanggannya bahwa "NiceHash akan berkomitmen penuh untuk memulihkan layanan NiceHash dengan langkah keamanan tertinggi," namun masih belum jelas bagaimana perusahaan akan mengatur segalanya jika tidak dapat memberikan kompensasi atas total kerugian yang di alami.

Perusahaan tersebut (NiceHash) juga mengatakan: "Kami mengerti bahwa Anda akan memiliki banyak pertanyaan, dan kami meminta kesabaran dan pengertian saat kami menyelidiki penyebabnya dan menemukan solusi tepat untuk masa depan layanan, Kami akan berusaha untuk memperbarui informasi untuk Anda secara berkala".

Setelah insiden peretasan, NiceHash merekomendasikan pelanggan-nya untuk mengganti kata sandi, baik di NiceHash maupun layanan lainnya, jika mereka menggunakan kredensial yang sama.

Harga Bitcoin yang semakin tinggi menjadi daya tarik siapapun untuk memilikinya termasuk para HECKER (Peretas sistem komputasi) yang menyalah gunakan kemampuan-nya. NiceHash adalah perusahaan kripto yang dalam beberapa bulan terakhir mengalami pukulan signifikan. Pada bulan lalu adanya cacat pada Parity's wallet menyebabkan lebih dari $ 160 juta ETH (Eter) dibekukan, sementara hampir 32 juta dolar di ETH dicuri oleh peretas pada bulan Juli.

# dari berbagai sumber.