Pengertian ICO, Bounty dan AirDrop Dalam Crypto Coin

Pengertian ICO, Bounty dan AirDrop

16-Mei-2018 Update. Banyak kosa kata yang kurang familiar di telinga ketika membahas tentang crypto coin, contohnya adalah ICO AirDrop dan Bounty, berikut ini adalah penjelasan secara singkat serta pengertianya.

Initial Coin Offering / ICO

ICO adalah usaha penggalangan dana untuk membangun aplikasi yang berkaitan dengan Blockchain dan implementasinya seperti cryptocurrency , bitcoin, smart contract dan smart ledger. ICO menawarkan sejumlah token kepada investor yang dihargai dengan Cryptocurrency seperti Bitcoin.

Token ini dimasa depan diharapkan dapat bernilai tinggi, tergantung kepada keberhasilan aplikasi yang dikembangkan penyelenggara ICO tersebut dalam memecahkan masalah bisnis.

Koin-koin ini disebut sebagai token dan mirip dengan saham perusahaan yang dijual kepada investor dalam transaksi Initial Public Offering(IPO). Jika uang yang dikumpulkan tidak memenuhi dana minimum yang disyaratkan oleh perusahaan, uang dikembalikan kepada pendukung dan ICO dianggap tidak berhasil. Jika kebutuhan dana terpenuhi dalam jangka waktu yang ditentukan, uang yang terkumpul digunakan baik untuk memulai skema baru atau untuk menyelesaikannya.

Daya tarik yang menjadikan banyak orang mau berinvestasi dalam ICO adalah, lonjakan harga yang tinggi pada coin/token ICO pada kemudian hari setelah coin/token tersebut masuk dalam bursa perdagangan/exchange mata uang cripto.

Salah satu contoh nyata adalah pada awal peluncuranya Ethereum menawarkan ICO dengan harga 1 ETH=$0.311 dan saat ini harganya mencapai $684.06 . Kenaikan yang fantastis, namun perlu diketahui bahwa tidak semua ICO meraih kesuksesan seperti Ethereum.

Penggalangan dana melalui inisiatif Initial Coin Offering atau ICO oleh perusahaan rintisan (start-up) skhir-akhir ini semakin menjamur, kesuksesan Ethereum sebagai criptocurrency yang diluncurkan pada tahun 2015, mengantarkan Ethereum menjadi crypto coin terbesar kedua setelah bitcoin.


Konsep Initial Coin Offering (ICO) adalah sama dengan konsep Initial Public Offering (IPO) yaitu penjualan kepemilikan saham perusahaan kepada publik, mungkin dimasa mendatang teknologi blockchain akan menggusur exsistensi IPO yang sudah ratusan tahun masih digunakan.

  • Bagi investor yang mencari informasi tentang startup blockchain mana yang berpotensi bisa ke http://icorating.com/

Perbedaan ICO dan IPO adalah saat membeli token perdana pada ICO calon pembeli dapat berinteraksi langsung tanpa melalui perantara pialang saham / sekuritas dan hampir atau tidak ada fee / komisi yang dibayarkan, sehingga keberadaan teknologi ini bisa menjadi momok bagi sebagian orang karena ditakutkan teknologi akan menggantikan peran manusia menggantikan pekerjaan mereka.

Namun bila teknologi dapat membantu efisiensi kemudahan dan efektif, dibandingkan dengan pola lama, dipastikan cepat atau lamban setiap orang akan memilih cara yang lebih mudah.


Pengertian AirDrop

AirDrop adalah semacam giveaway yang digunakan sebagai sarana promosi, peserta AirDrop biasanya di haruskan melakukan tugas-tugas tertentu sebagai syarat untuk memperoleh sejumlah Token Cryptocurrency, contoh tugasnya adalah like sosial media atau membuat video yang mempresentasikan perusahaan penyelenggara AirDrop tersebut.

Ilustrasi Airdrop
foto:mannekepis-bistro.com

Tujuan AirDrop

Alasan atau tujuan yang memungkinkan airdrop dapat terjadi, yaitu ketika ada fork dalam cryptocurrency atau diluncurkannya jaringan baru. Contohnya adalah pengguna Bitcoin mendapatkan Bitcoin Cash , dan pengguna Ethereum mendapatkan token Ethereum Classic sama dengan nilai yang disimpan di wallet asli mereka. Contoh lebih lanjut termasuk pemegang ETC yang diberi hadiah CLO dengan munculnya blockchain Callisto atau pemegang NXT yang menerima token IGNIS setelah penjualan token IGNIS.

Tujuan Airdrop lainya adalah untuk meningkatkan pemasaran pada ICO: tim atau developer perusahaan membagi-bagikan token gratis untuk menarik perhatian selama ICO mereka, dan untuk meningkatkan nilai investasi dalam token mereka. Airdrop juga sering digunakan pada peluncuran mata uang crypto baru. Untuk iming-iming, maksudnya Airdrop digunakan sebagai sesuatu untuk membujuk (memikat hati) para calon investor dan membuat orang bersemangat, membeli koin baru tersebut.

Jika kamu masi baru di dunia crypto, mungkin kamu bertanya-tanya didalam hati: "Mengapa mereka harus memberikan uang atau koin gratis? Ini mungkin scam, hari gini mana ada uang/koin gratis. Nah, dalam 99% kasus, jika mereka menawarkan uang gratis, itu mungkin tipuan".

Namun, kamu harus memahami dua poin penting di sini:
  • Token / Koin tanpa komunitas adalah tidak berguna. Orang-orang harus menggunakannya juga memilikinya.
  • Airdropping, memberikan token / koin gratis akan membuat banyak orang ngomongin project tersebut dan ini merupakan cara yang bagus untuk membuat publisitas yang murah.

Bagaimana jika token dijual semua tanpa di gratiskan sebagian ? bisa saja tapi di lain sisi banyak uang yang akan digunakan untuk publikasi masal di media internet.

Anggap saja Airdrop adalah program bagi-bagi token / koin gratis. Jika tertarik dengan AirDrop, bisa tulis komentar dibawah, ntar admin bantuin ikut Airdrop.


Baca juga: Cara Mengikuti Airdrop Cryptocurrency


Beberapa Airdrop Terkenal yang pernah ada :

  • Bitcoin Cash diberikan kepada semua pemegang Bitcoin pada bulan Agustus 2017. (Nilainya setara $ 1,085,06 .pada 08/03/2017 )
  • Omise membagi lima persen OmiseGO cryptocurrency mereka ke pemegang Ethereum di September 2017. (Nilainya setara $ 14,55 .pada 08/03/2017 )
  • Polymath baru-baru ini membagikan 250 POLY per orang dalam projek airdrop, (Nilainya setara $ 167 .pada 08/03/2018)


Pengertian Bounty dalam dunia Cryptocurrency

Bounty dalam bahasa Inggris berarti hadiah uang atau barang lainnya yang ditawarkan suatu organisasi untuk penangkapan seseorang atau sesuatu,wikipedia.

Ilustrasi Bounty
gambar hanya ilustrasi

Sebenarnya bounty adalah istilah untuk hadiah di dunia game online, istilah ini dipinjam dari game namun sedikit berbeda dari segi aplikasiannya. Blockchain dan cryptocurrency memberikan cara baru dalam memanfaatkan mekanisme bounty melalui smart contracts.

Dalam dunia cryptocurrency, bounty adalah salah satu strategi pemasaran untuk memberikan penetrasi pasar sebanyak mungkin. Dengan begitu, banyak orang mengenal perusahaan, apa yang mereka tawarkan dan bagaimana berinteraksi dengan produk dan layanan mereka.

Bounty bisanya dilakukan untuk membantu iklan dari mulut ke mulut sebelum dan sesudah pelaksanaan ICO, yang bertujuan untuk meningkatan penjualan. Telah menjadi suatu tradisi pada kampanye ICO cryptocurrency yang menggabungkan program bounty baik sebelum-ICO atau sesudah-ICO, tapi umumnya tidak dilakukan saat ICO berlangsung.

Kegiatan bounty sebelum ICO yang harus dilakukan para pesertanya pada umumnya meliputi: like share dan berkomentar di akun sosial media penyelenggara ICO, menulis artikel di blog, membuat video, memposting Signature Bitcointalk, membuat meme dan sebagainya.

Pada bounty sesudah ICO yang antara lain: menerjemahkan semua dokumen yang berkaitan dengan proyek cryptocurrency serta memoderasi berbagai kelompok forum, termasuk menerjemahkan isi situs web cryptocurrency, seperti white paper, melaporkan bug perangkat lunak atau platform cryptocurrency, dll.

Para peserta bounty akan mendapatkan imbalan berupa token / coin crypto, yang jumlahnya tergantung pada apa saja yang peserta lakukan saat mengikuti program bounty tersebut. Pada umumnya penyelenggara bounty membagi token / coin nya dengan persentase dari total pasokan koin untuk program bounty. Informasi mengenai jumlah ini biasanya dapat ditemukan di situs web atau di white paper mereka.


Baca juga: Token Diruna dan Cara Mendapatkan Diruna Gratis Setiap Hari


#Sekedar informasi tambahan:
Udah pernah dengar tentang anjing Pavlov's ? (coba googling "Pavlov’s dog") Jadi gini kira kira, dulu ada orang rusia namanya Ivan Pavlov dia punya anjing, nah si Ivan Pavlov ini menemukan bahwa anjingnya bisa dikondisikan agar mengeluarkan air liur saat sebuah lonceng di bunyikan, mungkin pada awalnya anjingnya si Pavlov ini ga bereaksi apa-apa saat dengar bunyi lonceng, namun setelah anjing itu mengetahui bahwa lonceng akan diikuti oleh makanan yang akan diberikan pada anjing, maka anjing merespon dengan mengeluarkan air liurnya.

Nah Sejak itu, para behavioris (peneliti tingkah laku) menghabiskan lebih dari satu abad untuk mengeksplorasi bagaimana imbalan dapat secara ekstrinsik memotivasi individu untuk terlibat dalam perilaku untuk memenuhi kebutuhan atau keinginan. Teknologi terdesentralisasi juga memperkenalkan aplikasi penghargaan generasi baru.

Bounty bisa juga untuk menangkap penjahat cyber

Bitcoin Bounty Hunt adalah layanan yang memungkinkan orang secara anonim mengumpulkan sumber sumber untuk menangkap penjahat di dunia maya.

Hadiah yang diintegrasikan ke dalam aplikasi Blockchain muncul sebagai mekanisme untuk mengawasi semua bentuk kejahatan dunia maya.

Peretas adalah penjahat digital pertama yang ditargetkan oleh bounty. Ini adalah hasil dari kekesalan para pedagang Bitcoin yang akun Bitcoin dan emailnya diretas. Segera setelah itu situs web seperti Bitcoin Bounty Hunter muncul, menawarkan hadiah BTC kepada orang-orang untuk menemukan pencuri mata uang kripto.

Struktur kontrak cerdas memungkinkan cara-cara inovatif untuk mengawasi kejahatan dunia maya. peretasan adalah bidang kejahatan yang paling umum dan paling cepat berkembang di dunia maya. Pembajakan telah merugikan industri media hiburan milyaran dolar, adalah salah satu dari banyak bidang di mana bounty diterapkan.

Para bounty hunter akan mendapatkan hadiah ketika mereka mengekspos media digital yang mengedarkan konten bajakan di web atau blog. Pemilik hak cipta akan memberikan hadiah bitcoin Ketika seorang individu menemukan konten bajakan di situs berbagi pengarsipan, hadiah Bitcoin akan diberikan ke bounty hunter.

Pemburu bug bounty yang menemukan "celah" dalam kode perangkat lunak untuk mencegah peretasan. Program Bounty Ethereum misalnya, telah memainkan peran penting dalam pengembangan Blockchain Ethereum yang lebih aman. Ini berhasil menemukan dan menjaga keamanan dan kekurangan lainnya.


Perbedaan antara Bounty dan AirDrop

Karena proyek Bounty harus berhasil terlebih dulu jadi kita harus bersabar menerima bayaran, kalo kamu mencoba berpartisipasi dalam bounty tentunya dibutuhkan skil dan keahlian khusus yang berkaitan dengan teknologi pemrograman dan aplikasi.

Sedang AirDrop meskipun hasilnya tidak terlalu besar kita bisa mendapatkan koin tanpa harus bersusah payah memecahkan suatu masalah, hanya perlu menyelesaikan tugas yang relatif mudah.

Bagaimana kamu tertarik untuk berpartisipasi dalam kegiatan-kegiatan seperti diatas? ada baiknya kamu mencari informasi lagi yang lebih detail karena penjelasan kami tentang Coin Offering atau ICO, AirDrop dan Bounty ini masih sangat mendasar, mungkin di kesempatan lain GoDoSome.net akan memberikan ulasan yang lebih lengkap.

Jika kamu mempunyai pengertian ICO, Bounty dan AirDrop yang lebih akurat sangat diharapkan untuk meninggalkan sebuah komentar dibawah.

Terimakasih, semoga membantu.

Sumber referensi: kukuhtw, bitcointalk.